wine indonesia

7 Produk Wine Indonesia Terpopuler, Gak Kalah dengan Buatan Eropa

Apa yang muncul di benakmu ketika mendengar kata Indonesia? Mungkin adalah hantaran pemandangan alam dan kekayaannya yang luar biasa. Selain itu apalagi? Budaya dan adat istiadat yang tdak terhitung ragamnya juga menjadi ciri khas dari negara kepulauan Indonesia. Wisatawan yang datang untuk berdestinasi di Indonesia juga berasal dari berbagai mancanegara. Wine, menjadi salah satu minuman yang di cari wisatawan saat sedang liburan atau menghabiskan waktu. Indonesia memang bukanlah negara yang dikenal produksi wine, namun wine indonesia juga tak kalah berkualitas dengan buatan Eropa sekalipun lho! Bali menjadi salah satu kota produksi wine indonesia yang paling populer. Berikut adalah beberapa daftar wine Indonesia terpopuler yang bisa kamu coba!

  1. Sababay 

Daftar rekomendasi wine Indonesia pertama adalah Sababay. Didirikan pada 2010, wine Indonesia satu ini telah memenangkan begitu banyak penghargaan. Sababay menanam anggur mereka di tanah vulkanik subur di daerah Buleleng yang memiliki cuaca kering dan cerah. Mereka menawarkan berbagai anggur merah dan putih dari yang manis (sweet wine) hingga kering (dry wine). Selain itu mereka juga punya sparkling wine seperti Moscato de Bali dan Lambrusco yang dapat diubah menjadi koktail menyegarkan. Sababay juga memastikan fair trade dengan membuat kebijakan dengan petani lokal untuk memastikan anggur yang dipanen adalah produk yang berkualitas tinggi. Bagaimana, penasaran mencobanya? Kamu dapat memesan produk mereka melalui beberapa platform penjualan online, cek Instagram @sababaywinery untuk informasi lebih lanjut. 

  1. Hatten Wines 

Rekomendasi wine Indonesia yang kedua adalah Hatten Wines. Menariknya, wine ini adalah wine pertama di Bali, Indonesia. Hatten Wines menawarkan wine unik, terbuat dari anggur yang biasanya tidak digunakan untuk winemaking. Anggur mereka ditanam di pantai utara Bali dan dikelilingi oleh pohon-pohon lain seperti pisang dan pohon-pohon palem. Hatten Wines menawarkan wine bernama Aga White, Aga Rose dan Aga Red, dengan kata “Aga” yang berarti autentik dalam bahasa Bali. Wine ini cukup populer dan produk mereka dapat dipasangkan dengan hidangan laut, daging, maupun makanan pedas, hingga sangat cocok dengan masakan Indonesia. Jika kamu penasaran, kamu bisa berkunjung ke halaman Instagram @hattenwines.

  1. Plaga

Plaga terbuat dari anggur impor terbaik dari Chili dan Australia Barat. Plaga menggunakan teknologi paling canggih untuk membuat fresh young wines berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Bahkan produksi wine mereka disebut sebagai “wine for the new generation” dengan rasa yang ringan namun pas sekali di lidah masyarakat tropis. Produk mereka beragam, antara lain Chardonnay yang segar, Cabernet Sauvignon yang berasa buah-buahan, dan Frizzante yang manis cocok dengan makanan penutup. Semua anggur diproses dan dibotolkan di Bali. Silahkan kunjungi Instagram mereka @plagawine untuk informasi lebih lanjut.

  1. Artisan Estate

Artisan Estate membawa kualitas wine Australia ke Indonesia dengan harga yang diproduksi secara lokal. Craig Newton, pemilik winery tersebut telah mempelajari cara untuk menjaga kualitas jus anggur mentah yang diimpor dari Australia Barat. Ini dapat dilakukan dengan mengontrolkan suhu jus anggur dengan ketat. Jika kamu ingin menikmati Australian wine seperti Chardonnay, Sauvignon Blanc, dan Shiraz, produk-produk Artisan Estate adalah yang cocok untuk kamu. Berkualitas namun terjangkau!

  1. Cape Discovery

Daftar wine Indonesia selanjutnya adalah Cape Discovery. Merupakan merk wine Indonesia yang diproduksi di Bali namun bahan bakunya didatangkan dari luar negeri. Proses produksi dilakukan di Singaraja, sehingga harga produknya juga bisa lebih terjangkau namun rasanya terjamin. Brand wine lokal ini tersedia dalam berbagai jenis mulai dari Sauvignon Blanc, Rosé, Cabernet Merlot, sampai Shiraz.

  1. Bellissimo Wines

Brand wine ini merupakan bagian dari Dima International Wines, salah satu produsen wine terbesar di Indonesia. Berbagai produk Bellissimo Wines terbuat dari anggur Australia yang diolah di Bali. Merk lokal ini dikenal dengan rasa yang manis namun intens, sehingga cocok untuk mendampingi makanan penutup. Selain itu, harganya juga cenderung terjangkau dengan bahan baku yang berkualitas. Penasaran kan? Kamu patut mencobanya!

  1. Two Islands

Rekomendasi wine Indonesia yang terakhir adalah Two Islands. Produksi wine ini dilakukan di Bali, namun bahan bakunya dipasok dari Australia. Anggurnya dipasok dari South Australia, kawasan yang tersohor sebagai penghasil Riesling (anggur putih) dan Barossa Shiraz (anggur ungu). Two Islands dirintis pada 2007, bermarkas di area Sanur. Pabriknya sanggup memproduksi 60.000 liter wine per bulan. Simak website resmi perusahaan untuk informasi selengkapnya twoislands.co.id.

Itu dia 7 rekomendasi produk wine Indonesia yang populer dengan kualitas rasa bersaing. Meski buatan lokal, kualitas dari wine ini tidak kalah dengan wine buatan negara-negara Eropa. Menariknya, harga jualnya pun juga relatif terjangkau jika dibandingkan dengan produk luar. Bagaimana, penasaran mencobanya?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.