kadar alkohol wine

Pentingnya mengetahui Kadar Alkohol Wine

Minuman beralkohol mungkin terasa sangat menyegarkan bagi para pencintanya, terlebih minuman wine. Bahkan tak sedikit orang yang hanya menyukainya tanpa memperhatikan efek alkohol pada tubuh mereka. Hal inilah yang bisa membahayakan diri dan kesehatan. Jadi ada baiknya kita mengetahui kadar alkohol wine yang kita konsumsi.

Mengetahui kadar alkohol yang ada pada wine sendiri sangatlah penting, ditambah banyak wine yang beredar di pasaran saat ini memiliki kadar alkohol yang sangat tinggi. Kadar alkohol yang terlalu tinggi itu dianggap makin membahayakan karena bisa meningkatkan risiko buruk kesehatan para peminumnya.

Dahulu, wine biasanya memiliki rata-rata kandungan alkohol sebesar 12%, namun kini banyak yang memiliki kadar 14% hingga 15%. Kadar tersebut sendiri sudah mencapai batas maksimum konsumsi minuman alkohol saat menyetir.

Jika persentase alkohol dalam wine hanya sedikit dan dikonsumsi dalam batas wajar, kemungkinan untuk tak sadarkan diri akan kecil. Sebaliknya jika persentase alkohol wine itu tinggi dan bahkan dikonsumsi dalam jumlah sedikit, maka efek mengantuk, pandangan kabur, hingga tak sadarkan diri akan lebih besar.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui kadar alkohol dalam wine. Pasalnya, jika kamu tidak mengetahuinya dan minum wine atau alkohol secara berlebihan maka kamu bisa membahayakan nyawa kamu dan orang lain. Bahkan kamu juga bisa dihantui oleh penyakit-penyakit berbahaya, karena alkohol bisa merusak liver, otak, dan saraf pusat dalam jangka panjang. 

Tak hanya itu, mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak juga bisa berdampak pada kesehatan jantung seperti hipertensi, irama jantung yang ireguler, jantung sulit memompa darah ke seluruh tubuh, serangan jantung, hingga gagal jantung.

Tentunya hal-hal yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan pada akhirnya akan merugikan diri sendiri ‘kan?

Jadi konsumsilah wine dalam jumlah wajar dan sebaiknya jangan mengendarai kendaraan setelah meminum wine atau minuman beralkohol lainnya agar kamu tidak membahayakan nyawamu dan orang lain, ya!

Menjaga lingkungan sekitar bisa dimulai dari menjaga diri sendiri terlebih dahulu, sayangi diri sendiri dan sayangi orang lain.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.